Mana yang Tepat untuk Saya?

Saat model baru ponsel favorit Anda dirilis, selalu ada banyak senam mental saat Anda mencoba memutuskan apakah perlu mendapatkan peningkatan terbaru.

Di satu sisi, yay, mainan baru! Di sisi lain, ponsel mahal, dan dari tahun ke tahun perubahan perangkat keras dan perangkat lunak di setiap handset mungkin tidak terlalu signifikan.

Sekarang iPhone 14 telah diumumkan dengan segala kemegahannya yang penuh warna, inilah saatnya – apakah pembaruan untuk perangkat terbaru Apple layak untuk dibelanjakan lebih banyak? Seberapa besar perubahan yang harus dilakukan untuk membuatnya berharga? Ya, jawabannya berbeda untuk setiap orang, tentu saja.

Itu sebabnya kami pikir kami akan membandingkan iPhone 14 dengan iPhone 13 untuk melihat apa yang diributkan – dan mudah-mudahan, Anda akan mendapatkan ide apakah ponsel baru yang mengilap adalah langkah yang tepat untuk Anda, apakah layak untuk bertahan dengan apa yang Anda inginkan. ‘ve got, atau menyusuri rute iPhone 13 yang lebih ramah dompet.

Apa yang dimiliki iPhone 14 yang tidak dimiliki iPhone 13?

Kami pikir memulai dengan fitur terbaru Apple adalah langkah yang baik, karena Acara Apple pada 7 Septemberth sangat fokus pada dua fitur keselamatan baru yang sejujurnya cukup keren – tetapi mudah-mudahan, Anda tidak perlu menggunakannya.

Jika itu terdengar seperti hal yang aneh untuk dikatakan, itu karena memang begitu. iPhone 14 sekarang menyertakan Crash Detection dan Emergency SOS, yang merupakan kit yang sangat berguna yang mungkin tidak akan pernah Anda lihat saat beraksi.

Deteksi Kecelakaan

Disebut-sebut sebagai perangkat keras yang menyelamatkan nyawa, Crash Detection memantau perubahan yang sangat spesifik pada sensor gyroscopic iPhone 14 dan akselerometer high-g yang terkait dengan – Anda dapat menebaknya – kecelakaan mobil. Data ini dikumpulkan oleh sensor ponsel Anda dan akan menghubungi Anda untuk melihat apakah Anda baik-baik saja. Jika tidak, dan Anda tidak merespons dalam jangka waktu tertentu, ia akan menelepon 999 atas nama Anda untuk memastikan Anda mendapatkan bantuan.

Karena sensor yang mengumpulkan data ini tidak disertakan dalam model lama seperti iPhone 13, ini adalah fitur yang eksklusif untuk iPhone 14 (untuk saat ini) dan benar-benar dapat menyelamatkan hidup Anda. Apakah menurut Anda itu adalah fitur yang layak untuk ditingkatkan sepenuhnya terserah Anda.

SOS darurat

Dalam nada yang sama, iPhone 14 akan menyertakan SOS Darurat mulai November 2022. Fitur kecil yang bagus ini adalah cara lain untuk memastikan Anda mendapatkan bantuan saat berada dalam situasi sulit – namun, fitur ini berfungsi dengan menghubungi responden darurat melalui satelit saat Anda terlalu jauh dari menara jaringan untuk mendapatkan sinyal.

Sekali lagi, ia menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang eksklusif untuk iPhone 14, jadi Anda tidak akan melihat ini di-porting ke ponsel 13 atau lebih tua Anda. Tetapi jika Anda tidak sering mendaki jalur terpencil, itu juga tidak mungkin menjadi fitur yang pernah Anda alami.

Tapi ke topik yang lebih ringan, ya?

Apakah ada lonjakan kualitas kamera antara iPhone 13 dan iPhone 14?

Iya dan tidak. Ya, karena di atas kertas perubahannya tidak terlihat jauh berbeda. Tidak, karena ada beberapa hal yang secara harfiah identik antara kedua model Apple.

Secara sederhana, perbedaan antara iPhone 13 dan iPhone 14 tidak terlalu dramatis, tetapi jika Anda sering menggunakan kamera ponsel, Anda mungkin akan melihat perubahannya. Kamera utama pada dasarnya sama: 12MP, tetapi dengan aperture /1.5 dan sensor yang lebih besar dari yang dimiliki iPhone 13. Kamera depan juga memiliki aperture yang lebih lebar, tetapi tidak ada perubahan pada kamera ultrawide.

Namun, menurut Apple, perubahan utama ada pada perangkat lunak, dengan Mesin Fotonik baru dan cara memproses gambar – dan hasil akhirnya terlihat. Dengan menerapkan Deep Fusion pada tahap awal pemrosesan gambar (sebelum data dikompresi), Anda akan melihat peningkatan kinerja cahaya rendah di iPhone 14, dan lebih banyak detail di foto Anda.

Apakah ini benar-benar terkait dengan Photonic Engine atau lebih tentang fisika tentang cara kerja kamera adalah menarik tetapi tidak relevan – faktanya, foto Anda akan terlihat lebih baik dan lebih profesional, dengan warna yang lebih akurat, lebih sedikit noise, dan lebih detail.

Bagaimana dengan merekam video? Apa yang berbeda?

Oke, jadi ada satu fitur baru di sini yang sangat saya sukai – dan jika Anda suka merekam video, vlogging, atau hanya membuat cerita untuk ‘gram, Anda mungkin juga menyukainya.

Mode aksi adalah fitur perangkat lunak yang meningkatkan perekaman video dengan menstabilkan rekaman Anda dan pada dasarnya meniru gimbal (yang jika Anda tidak terbiasa, adalah dudukan ponsel/kamera yang, yah, menstabilkan barang).

Ini membantu Anda untuk menghasilkan rekaman tanpa goyangan tangan yang sering menjadi masalah, yang di dunia TikTok dan Reels lebih mudah dari yang Anda kira – dan Apple mengetahuinya! Seperti gimbal, mungkin perlu sedikit membiasakan diri, tetapi itu bukan sesuatu yang akan Anda dapatkan di iPhone 13, jadi itu membuat model 14 layak ditingkatkan untuk vloggers.

Demikian pula, mode Sinematik pada iPhone 14 memungkinkan Anda merekam hingga resolusi 4K, sedangkan 13 dibatasi pada HD. Apple cukup tertarik untuk menunjukkan bahwa 24fps menjadikannya kualitas yang sama dengan yang Anda temukan di film-film Hollywood, jadi Anda mungkin akan melihat peningkatan yang nyata dalam kualitas video, serta fitur gerak lambat dan selang waktu yang biasa Anda tahu dan cinta. Namun, fitur video iPhone 13 sudah cukup bagus.

Apakah iPhone 14 memiliki prosesor yang lebih baik daripada iPhone 13?

Tidak untuk mengulangi diri kita sendiri, tapi ya dan tidak. Tidak, karena iPhone 14 memiliki chip Apple A15, yang merupakan prosesor yang sama persis dengan iPhone 13. Ya, karena iPhone 14 memiliki GPU 5-core daripada yang 4-core dari 13.

Jika itu terdengar agak membingungkan, Anda akan mati. Tetapi selain satu perubahan kecil ini, sebagian besar area kinerja lainnya tidak berubah antara 13 dan 14. Kedua ponsel masih memiliki jumlah penyimpanan yang sama, mulai dari 128GB, dan memiliki pengisian daya MagSafe 15W dan ketahanan air IP68 yang sama.

Sedangkan untuk baterai, iPhone 14 tampaknya memiliki sedikit peningkatan kinerja, dengan pemutaran video hingga 20 jam (13 memiliki 19). Apakah ini sama dalam kenyataan seperti dalam pengujian Apple masih harus dilihat.

Jika ukuran layarnya sama, apakah iPhone 14 memiliki tampilan yang lebih baik?

Jawaban singkat, tidak.

Jawaban panjangnya, keduanya memiliki layar OLED 6,1 inci, dengan resolusi 1080p – disebut oleh Apple sebagai Super Retina XDR – dan kecepatan refresh 60Hz. Kami berharap kecepatan refresh mungkin meningkat di antara model, tetapi jika Anda menginginkan 120Hz maka Anda harus batuk untuk model Pro atau Pro Max.

Kesimpulan

Itu dekat, pasti.

iPhone 14 adalah ponsel yang hebat dan akan berjalan lancar melakukan hampir semua hal mulai dari tugas sehari-hari hingga streaming dan bermain game. Kameranya luar biasa, dan perekaman video lebih baik dari sebelumnya. Tetapi iPhone 13 masih merupakan pesaing kuat, dan jika Anda ingin menghemat sedikit uang, Anda bisa mendapatkan hampir sebanyak mungkin dari model 2021 dari handset terbaru.

Masalahnya, itu tergantung pada apa yang Anda butuhkan, apa yang Anda inginkan, dan apa yang Anda mampu. iPhone 14 memiliki beberapa fitur baru yang fantastis, dan jika Anda sering keluar jalur atau mengemudi sendirian dalam jarak jauh, SOS Darurat dan Deteksi Kecelakaan bisa menjadi pengubah permainan yang serius. Hal yang sama berlaku untuk sedikit peningkatan kamera – jika Anda tahu apa yang Anda lakukan dengan kamera, maka Anda akan melihat peningkatan di antara model.

Jika Anda menginginkan fitur terbaru, pembaruan, dan uang tidak menjadi masalah, gunakan iPhone 14 dan dapatkan diri Anda dengan barang-barang baru Apple yang megah.

Jika Anda bekerja dengan anggaran terbatas, iPhone 13 adalah nilai terbaik untuk uang dan tersedia dengan beberapa penawaran fantastis saat ini.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *