Berapa Biaya Jasa Service Pemanas Air?

Saat ini penggunaan pemanas air semakin populer di rumah tangga, tentu saja untuk menikmati suplai air hangat yang tersedia di setiap kamar mandi rumah tangga. Jika penggunaan pemanas air dilakukan setiap hari tentu saja Anda tidak bisa menghindari yang namanya kerusakan pemanas air secara tiba-tiba. Selain itu Anda juga harus melakukan perawatan pada pemanas air dengan memanggil jasa service pemanas air.

Service water heater, paling tidak bisa dilakukan dua kali dalam setahun untuk membuat pemanas air ini bisa bekerja dan berfungsi normal. Hal ini tentu saja menjadi salah satu tips perawatan pemanas air terbaik.

Biaya Service Pemanas Air

Untuk melakukan servis water heater tentu anda penasaran dengan besaran biayanya. Perlu diketahui, bahwa biaya yang akan dikeluarkan tergantung dari jenis water heater yang digunakan. Berikut ini akan dijelaskan biaya servis untuk water heater berdasarkan jenisnya.

1. Electric Water Heater

Yang pertama ada jenis penghangat air yang memang memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan panas. Faktanya jenis ini memiliki dua varian yaitu menggunakan tangki dan tanpa tangki. Untuk pemanas dengan tangki dijual dengan harga yang lebih mahal dan tergantung dengan kapasitas tangkinya.

Jika membeli varian tanpa tangk,i membutuhkan  listrik yang termasuk hemat namun butuh waktu lebih lama untuk memanaskan air yaitu sekitar 3 sampai 4 menit. Jika pemanas air jenis ini mengalami kerusakan maka biaya yang akan dikenakan adalah sekitar 100 ribuan.

2. Portabel Water Heater

Jenis pemanas air ini sangat praktis karena bisa dibawa ke mana saja dan untuk memanaskan air memanfaatkan energi listrik pula. Bentuknya tentu lebih kecil dari pemanas air biasa dan cara kerjanya yaitu dengan dicelupkan ke dalam ember berisi air. Harga produk ini relatif lebih murah. Dan bagi Anda yang ingin melakukan service pemanas air jenis ini biayanya jauh lebih terjangkau pula.

3. Solar Water Heater

Berikutnya ada jenis pemanas air yang memang kerjanya memanfaatkan energi panas matahari atau panel surya. Jenis pemanas ini menggunakan tangki yang besar dan biasanya bisa dimanfaatkan untuk seluruh keluarga di rumah.

Jika tidak ada panas matahari, bagian belakang mesin ini punya alat pemanas cadangan yang disebut elektrik heater. Tentu saja pemanas cadangan ini bisa diaktifkan ketika tidak ada  panas matahari. Biaya service untuk jenis pemanas air dengan solar adalah sekitar 200 ribuan.

4. Gas Water Heater

Selain memanfaatkan sinar matahari pemanas air juga ada yang memanfaatkan gas. Cara kerjanya yaitu pemanas bisa mengandalkan pembakaran dengan gas elpiji dengan biaya perawatan yang jauh lebih murah. Ada alat ini terdapat cerobong asap sebagai knalpot untuk pembuangan gas sisa pembakaran.

Tidak perlu khawatir, karena sisa pembakarannya tidak seperti asap pabrik bahkan cenderung tidak terlihat. Sebaiknya penggunaan pemanas air dengan gas ini harus dibarengi dengan ventilasi udara yang cukup. Biaya untuk servicenya sendiri sekitar 100 ribuan saja.

Sekarang tentu anda sudah tahu berapa biaya service pemanas air berdasarkan jenis pemanasnya. Anda juga wajib menentukan jenis pemanas sebelum menggunakannya di rumah berdasarkan kebutuhan. Yang mencari jasa service water heater, maka Anda bisa memilihnya dari Sejasa. Platform ini akan membantu Anda untuk mendapatkan referensi servis water heater terbaik di kota Anda dengan biaya perawatan dan juga perbaikan kerusakan yang terjangkau. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi Sejasa.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *